Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Menyimpan Siaran (No Signal)

tv tidak bisa menyimpan siaran

Pada TV LED atau tabung seringkali ditemukan kerusakan yang cukup bervariasi, mulai dari yang mudah diperbaiki sampai yang cukup sulit. Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi adalah TV tidak bisa menyimpan siaran atau channel.

Padahal fungsi utama TV adalah untuk menyimpan siaran agar penggunanya bisa menikmati film atau acara yang ada. Masalah siaran yang tidak tersimpan bisa disebabkan karena banyak hal.

Mulai dari pengaturan yang salah sampai adanya kerusakan pada hardware. Pada TV LED, masalah ini ditandai dengan tulisan “Tidak ada sinyal (no signal) padahal sebelumnya sudah ada banyak channel yang tersimpan.

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Menyimpan Siaran

tv tidak bisa menyimpan siaran

1. Pastikan Antena TV Terpasang dengan Benar

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah bagian antena, karena ini merupakan alat yang berfungsi untuk menangkap sinyal sehingga TV bisa menerima siaran yang ada.

Anda perlu memastikan antena terpasang dengan benar, perhatikan apakah ada kabel yang terkelupas, posisi antena yang bergeser atau jack antena berkarat.

Jika memang ada karat dan kotoran didalam jack antena, Anda bisa mencoba membersihkannya menggunakan cairan tiner dan sikat gigi.

2. Ada Solderan yang Retak

TV yang tidak mau menyimpan channel tidak selalu disebabkan karena kerusakan berat, seringkali ditemukan kasus khususnya pada TV tabung dimana terlihat ada beberapa solderan yang retak.

Biasanya solderan yang retak tersebut berada disekitar tunner TV atau power regulator. Untuk mengatasinya cukup mudah. Anda bisa menyolder ulang semua kaki-kaki yang terlihat retak. Namun sebelum itu bersihkan PCB terlebih dahulu dengan sikat gigi dan cairan tiner agar timah mudah melekat ketika penyolderan.

3. Kapasitor Dekat IC Program Short

Ada beberapa kapasitor dekat IC Program yang memiliki peranan penting, karena jika salah satu ada yang short maka akan ada masalah, salah satunya adalah channel yang tidak bisa tersimpan.

Solusinya, silakan periksa fisik semua kapasitor IC Program dan lakukan pengukuran satu persatu dengan multitester digital ataupun analog. Segera ganti kapasitor yang terlihat menggelembung atau short.

4. Kerusakan Pada IC EEPROM

EEPROM adalah IC yang berfungsi untuk menyimpan semua data televisi, termasuk settingan dan channel. IC ini biasanya hanya ditemukan pada TV LED ataupun LCD.

Jika IC ini rusak, akan menimbulkan beberapa masalah, salah satunya TV tidak bisa menyimpan siaran. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba melakukan flashing terlebih dahulu sebelum menggantinya.

Untuk flash TV LED diperlukan flashdisk atau memori minimal berkapasitas 4GB dan juga fimrware yang sesuai dengan merk dan model TV Anda.

Jika ternyata setelah diflash tidak ada perubahan, disarankan untuk mengganti IC EEPROM, namun resiko ditanggung sendiri, karena penggantian IC ini membutuhkan keahlian khusus.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *