5 Cara Cek IMEI Xiaomi Asli atau Palsu Tanpa Aplikasi

cara cek imei xiaomi

Cara cek IMEI Xiaomi sangat penting diketahui, karena kamu bisa membedakan antara HP Xiaomi resmi atau tidak. Selain itu, mengecek IMEI HP Xiaomi juga bisa dilakukan untuk memastikan penyebab kenapa HP Xiaomi tidak bisa mengirim SMS, telepon atau internet.

Karena jika IMEI tidak ditemukan, maka ponsel Xiaomi kamu tidak akan bisa terhubung ke jaringan, sehingga mau bagaimana pun kamu tidak akan bisa menelepon, mengirim SMS dan menyalakan data seluler.

Selain itu, IMEI juga bisa dijadikan sebagai indikator untuk mengetahui keaslian dari HP Xiaomi, mengingat sekarang ini sudah cukup banyak HP Xiaomi tidak resmi yang beredar dipasaran.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara cek IMEI Xiaomi, baik itu melalui kode dial, aplikasi atau langsung melihat dari box HP Xiaomi kamu.

Cara Cek IMEI Xiaomi untuk Semua Tipe

Nah pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai 3 cara mengetahui IMEI HP Xiaomi dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, yuk baca artikel ini sampai selesai!

1. Cek IMEI Xiaomi dengan Kode Dial

Metode pertama menurut saya paling simple, karena tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga atau mencari box HP yang mungkin sudah hilang.

Nah cara yang pertama ini adalah melalui kode dial yang bisa langsung diakses melalui aplikasi telepon di HP Xiaomi kamu. Berikut ini langkah-langkahnya:

cek imei xiaomi
  1. Buka aplikasi telepon diponsel kamu.
  2. Kemudian ketikkan kode *#06# pada papan angka yang ada.
  3. Terakhir, kamu akan melihat informasi mengenai nomor MEID, IMEI 1 dan IMEI 2.
  4. Pastikan kedua IMEI tersebut tidak kosong ya, karena jika kosong, kemungkinan ada masalah pada bagian software.

Cara ini sudah terbukti berhasil untuk menampilkan IMEI Xiaomi, tetapi kamu bisa mencoba cara yang lain jika ini tidak berhasil.

Baca juga: Cara Setting Keyboard Xiaomi

2. Cek IMEI HP Xiaomi Melalui Pengaturan

Metode lain yang tidak kalah mudah untuk mengecek IMEI HP Xiaomi adalah melalui menu pengaturan, tepatnya pada bagian informasi perangkat & jaringan.

cek imei hp xiaomi
  1. Pertama, buka menu pengaturan.
  2. Kemudian cari dan pilih menu [Tentang Ponsel].
  3. Scroll layar kebawah, lalu pilih [Status].
  4. Kamu akan melihat banyak opsi pada menu ini, langsung saja pilih [Informasi IMEI].
  5. Pastikan kedua nomor IMEI 1 dan IMEI 2 muncul ya, kalau perlu catat kedua IMEI ini untuk keperluan tertentu.

Cara yang kedua ini menurut saya sama mudahnya dengan yang pertama dan menampilkan informasi yang lebih lengkap. Bukan hanya nomor IMEI saja, tetapi kamu bisa sekaligus mengetahui nomor MEID, IMEI SV Slot 1 dan IMEI SV Slot 2.

Cara ini bisa dicoba pada semua tipe HP Xiaomi Indonesia, termasuk Redmi Note 3, Redmi Note 4, Redmi 2, Redmi 3 dan Xiaomi Redmi 4X.

3. Cek IMEI Xiaomi Langsung dari Box HP

cara cek imei xiaomi

Selain menampilkan informasi tentang spesifikasi singkat, di box HP juga terdapat nomor IMEI 1 dan IMEI 2, tepatnya dekat dengan bagian barcode.

Ini bisa kamu jadikan sebagai cara terakhir jika kedua cara sebelumnya tidak berhasil & cara ini hanya berlaku jika dus HP tersebut masih ada dan informasi IMEInya masih terlihat jelas.

Jika ternyata tidak ada nomor IMEI dibox, maka kamu perlu melihat buku panduan yang ada didalamnya, biasanya didalam buku panduan terdapat informasi yang lebih lengkap tentang HP Xiaomi kamu.

4. Mengecek IMEI Xiaomi dari Belakang Baterai

cek imei xiaomi

Jika kamu masih menggunakan HP Xiaomi yang baterainya bisa dilepas atau bukan baterai tanam, maka kamu bisa dengan mudah melihat nomor IMEI dengan melepas baterai terlebih dahulu.

Baca juga: Tema MIUI 12 Keren Tembus Semua Aplikasi

Kenapa baterai harus dilepas? karena nomor IMEI 1 dan IMEI 2 ada distiker belakang baterai. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui tahun rilis dan negera asal yang memproduksi HP Xiaomi tersebut.

IMEI HP Xiaomi Hilang atau Kosong? Mungkin ini Penyebabnya

Jika setelah dicek ternyata nomor IMEI kosong atau NULL, maka bisa jadi ada masalah pada HP Xiaomi kamu, tepatnya pada bagian software (perangkat lunak).

Biasanya jika IMEI HP Xiaomi hilang, maka tidak akan bisa mengirim dan menerima panggilan, telepon atau menyalakan data internet.

Penyebabnya bisa jadi karena kesalahan install customrom atau firmware yang tidak sesuai dengan tipe HPnya sehingga HP Xiaomi tidak bisa menampilkan nomor IMEI.

Selain itu, bisa juga karena gagal saat proses root yang menyebabkan malfungsi pada sistem Android. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba flash menggunakan firmware terbaru dan pastinya cocok untuk tipe HP Xiaomi kamu.

Atau jika IMEI hilang setelah rooting, saya sarankan untuk membatalkan root (unroot) HP kamu dengan aplikasi khusus atau langsung melalui recovery mode, tergantung dengan metode root yang pertama kamu coba.

Jika flashing atau unroot berhasil, langsung cek IMEI Xiaomi dengan salah satu cara diatas. Jika IMEI sudah bisa tampil, kamu perlu mencoba mengirim dan menerima telepon, SMS dan jangan lupa untuk menyalakan data internet dan mencobanya, apakah benar-benar bisa digunakan atau tidak.

Cara Mengetahui IMEI Xiaomi Asli atau Palsu

Dari banyak cara yang ada untuk mengetahui HP Xiaomi asli atau palsu adalah menggunakan IMEI. Karena banyak kasus IMEI Xiaomi tidak terdaftar di Kemenperin.

Namun perlu dicatat, jika IMEI tidak terdaftar bukan berarti HP tersebut replika atau palsu. Bisa jadi HP Xiaomi kamu berasal dari luar indonesia dan tentu IMEInya tidak akan ditemukan pada database Kemenperin.

Lalu bagaimana cara mengecek IMEI Xiaomi secara online untuk mengetahui apakah itu terdaftar atau tidak? Caranya cukup mudah kok, kamu bisa mengeceknya langsung ke situs Kemenperin. Berikut ini langkah-langkahnya:

cek imei xiaomi kemenperin
  1. Buka browser di ponsel kamu.
  2. Kemudian ketik dan buka link https://imei.kemenperin.go.id/.
  3. Masukan IMEI 1 atau IMEI 2 pada kolom yang ada.
  4. Terakhir, klik icon [Pencarian] untuk mengetahui apakah IMEI terdaftar atau tidak.
  5. Ulangi langkah ini jika kamu ingin mengecek IMEI HP Xiaomi lainnya.

Demikian artikel singkat yang bisa kami bagikan mengenai 4 cara cek IMEI Xiaomi terdaftar atau tidak tanpa aplikasi. Kesimpulannya, ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk melihat nomor IMEI di HP Xiaomi. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published.